PROKER KKN USD LXV : Rumah Belajar

16 Januari 2023 21:02:26 WIB

Jumat, 6 januari 2023 mahasiswa KKN Universitas Sanata Dharma Yogyakarta melaksanakan kegiatan Rumah Belajar untuk anak-anak padukuhan Ngunut Lor. Rumah belajar merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan pada suatu tempat dengan tujuan untuk membantu anak-anak baik itu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, mempelajari materi pelajaran yang kurang mereka mengerti atau materi yang ingin mereka pelajari, serta bersosialisasi dengan teman-teman disekitarnya. Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak mulai dari PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK. Dan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 6 januari 2023 hingga 28 januari 2023, senin sampai sabtu pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

 

Pada proses pelaksanaannya, anak-anak akan dibimbing oleh minimal 1 mahasiswa KKN pada setiap jenjang. Untuk jenjang PAUD sampai SD kelas 2 akan dibimbing oleh 2 mahasiswa dari program studi Bimbingan Konseling. Sedangkan untuk ana-anak dari SD kelas 3 hingga SMA/SMK akan dibimbing oleh 1 atau 2 mahasiswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan materi yang akan diajarkan. Di kegiatan Rumah Belajar terdapat 3 sesi. Sesi 1 merupakan bimbingan menyelesaikan tugas sekolah atau pekerjaan rumah dari sekolah. Pada Sesi 2 mahasiswa KKN akan memberikan pelajaran kepada anak-anak sesuai yang mereka inginkan. Sedangkan pada sesi 3 anak-anak dan mahasiswa KKN akan bermain bersama-sama untuk bersosialisasi sehingga bisa saling mengakrabkan.

 

Dengan bantuan Pak Hanung selaku kepala dukuh Ngunut Lor dan segenap RT Ngunut Lor yang membantu dalam memberi informasi kegiatan Rumah Belajar ini, serta dorongan orang tua yang mengajak anak-anaknya turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Peserta yang hadir cukup ramai sehingga bisa berjalan dengan lancar. Pada pertemuan pertama peserta yang hadir kurang lebih ada 18 anak, dan diharapkan terus bertambah pada pertemuan berikutnya. Dari kegiatan Rumah belajar ini, diharapkan mutu pendidikan serta jiwa sosial pada anak-anak di padukuhan Ngunut Lor bisa terus meningkat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar