PROKER KKN USD LXV : Ekonomi Kreatif Sejak Dini

16 Januari 2023 20:38:16 WIB

Sabtu, 14 Januari 2023 dilaksanakan program kerja yang ketiga dari kelompok 20 yaitu “Ekonomi Kreatif Sejak Dini”. Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang memiliki kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Salah satu bentuk ekonomi kreatif adalah membuat kerajinan. Dalam membuat kerajinan, dapat memanfaatkan barang bekas yang ada di lingkungan sekitar misalnya dalam kegiatan ini menggunakan botol plastik bekas. Kegiatan ini dilaksanakan di balai Dusun Ngunut Lor. Edukasi ini memiliki sasaran utama yaitu anak-anak PAUD-SMP. Kurang lebih sebanyak 34 anak yang menghadiri kegiatan ini. Anak-anak di Padukuhan Ngunut Lor memiliki waktu luang yang cukup banyak setelah mereka pulang sekolah ataupun di hari libur sekolah, sehingga hal ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus mengedukasi untuk melatif kreativitas yang dimiliki oleh anak.

Kegiatan edukasi ekonomi kreatif sejak dini ini dimulai dengan memberikan penjelasan materi kepada anak sekaligus tanya jawab mengenai apa itu kreatif, bagaimana cara memunculkan ide kreatif, kemudian dari kreativitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencipta suatu barang yang memiliki nilai jual. Dalam kegiatannya anak-anak membuat berbagai kerajinan seperti tempat pensil yang memiliki berbagai karakter seperti minion, kelinci, beruang dll, vas bunga, mobil-mobilan, dan membuat celengan target.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah agar anak-anak dapat mengandalkan ide kreatifitas dan keterampilan individu yang dimiliki untuk menciptakan lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta. Harapannya dengan adanya program ini dapat membuat anak-anak memiliki wadah untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan belajar untuk memanfaatkan waktu luang serta memanfaatkan barang bekasyang dimiliki.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar