PROKER KKN USD LXV : Sosialisasi Apotek Hidup

15 Januari 2023 19:09:19 WIB

      Pada Kamis, 12 Januari 2023, salah seorang mahasiswi KKN USD LXV yakni Ecak dari prodi pendidikan Biologi yang berlokasi di Dusun Ngunut Tengah melaksanakan program kerjanya. Program kerja yang dilakukan yakni sosialisasi apotek hidup. Apotek hidup sendiri merupakan lahan sekitar rumah yang ditanami berbagai tanaman obat yang dipercaya dapat mencegah mengobati berbagai penyakit secara tradisional. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh ibu-ibu di Ngunut Tengah.

      Pada kegiatan sosialisasi ini, Ecak mengawalinya dengan terlebih dahulu membagikan poster apotek hidup. Dalam poster tersebut terdapat informasi terkait bahaya mengkonsumsi air yang mengandung kapur dan informasi terkait apotek hidup. Selanjutnya, Ecak memaparkan informasi terkait bahaya mengonsumsi air yang mengandung kapur apabila pengolahan air yang dilakukan tidak secara baik dan benar. Setelah itu, Ecak melanjutkannya dengan memaparkan informasi terkait apotek hidup sebagai salah satu alternatif solusi untuk mengobati penyakit secara tradisional akibat konsumsi air mengandung kapur yang tidak diolah dengan baik dan benar.  Dalam sosialisasi apotek hidup tersebut, Ecak memberikan edukasi kepada masyarakat  untuk menciptakan apotek hidup. Pada sesi pertanyaan, salah seorang partisipan dalam kegiatan sosialisasi menanyakan terkait cara pemanfaatan tanaman obat lalu Ecak sendiri pun memberikan menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan penjelasan terkait hal tersebut sesuai dengan literatur yang menjadi acuannya. Setelah sesi tanya jawab selesai, Ecak mengakhiri pelaksanaan program kerjanya dengan membagikan bibit tanaman yang sudah disemai kepada masyarakat (ibu-ibu) yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

     Kegiatan program kerja yang telah dilaksanakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan Ecak.Ecak pribadi pun merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat Ngunut Tengah karena telah berpartisipasi dalam melancarkan program kerjanya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar