PROKER KKN USD LXV : Literasi Keuangan Anak Usia Dini

13 Januari 2023 21:26:38 WIB

Pada hari Rabu, 11 Januari 2023 dilaksanakan program kerja pertama yaitu “Literasi Keuangan Anak TK”. Literasi keuangan adalah kemampuan anak-anak dalam mengatur uang dengan baik sehingga uang yang anak-anak miliki punya tidak habis begitu saja. Kegiatan ini dilaksanakan di TK PGRI Ngunut. Literasi keuangan anak bertujuan agar anak-anak dapat memahami fungsi uang yang mereka miliki dan dapat menggunakannya secara lebih bijak. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 14 siswa siswi TK PGRI Ngunut. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan anak-anak berantusias dengan baik. Selain itu, juga turut hadir para pendamping kegiatan yaitu dari anggota kelompok KKN yang berada di Ngunut Tengah. 

 

Pada kegiatan literasi keuangan anak TK diawali dengan kegiatan sosialisasi tentang fungsi uang yang dimiliki. Dalam sosialisasi tersebut anak-anak diajak untuk mengenal fungsi uang yang mereka miliki dengan cara tanya jawab dan menggunakan media pembelajaran yang didalamnya terdapat gambar-gambar pendukung pembelajaran literasi keuangan. Untuk mendukung pemahaman anak-anak mengenai literasi keuanagn selanjutnya diadakan kegiatan membuat tabungan dengan memanfaatkan botol bekas yang ada dilingkungan sekitar. Kemudian anak-anak TK belajar menabung dengan media celengan yang sudah mereka buat. Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang yang anak-anak TK miliki untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan yang mendadak.

 

Kegiatan literasi keuangan anak TK dan kegiatan membuat celengan dari barang bekas diharpakan dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang fungsi dan penggunaan uang yang mereka miliki dengan lebih bijak. Penanggung jawab program ini adalah Fepta Setyaningsih dari program studi Pendidikan Akuntansi.  

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar