Jadikan Kardus Bekas menjadi Celengan

14 Januari 2020 07:21:35 WIB

SID- 14/01/2020 Seringkali mayoritas orang tidak menyadari jika barang bekas yang berada di sekelilingnya dapat digunakan kembali, sehingga barang bekas tersebut dibiarkan tergeletak begitu saja bahkan dibuang ke TPA karena dianggap tidak membawa manfaat. Pada kali ini, KKN Sanata Dharma dari dusun Ngunut Tengah kembali menjalankan program kerja dengan judul "Produksi Celengan dari Barang Bekas". Fokus dari tujuan program kerja ini adalah meningkatkan kreativitas anak-anak, sekaligus dalam rangka memberi edukasi kepada mereka mengenai bagaimana cara mendayagunakan kembali kardus bekas yang terdapat di rumah masing-masing menjadi celengan untuk wadah tabungan.

Bahan-bahan untuk membuat celengan terdiri dari kardus bekas yang digunting untuk dihilangkan lapisan terluarnya, kertas kado, gunting, serta beberapa lem alteco. Langkah pertama yang dilakukan ialah menghilangkan lapisan terluar dari struktur kardus, dengan tujuan untuk mempermudah kardus dapat dibentuk menjadi tabung. Selanjutnya menyelimutkan kertas kado ke kardus yang sudah menjadi tabung tersebut. Lalu lubangi bagian salah satu alas dari tabung tersebut dengan gunting sebagai tempat untuk memasukkan uang.

Kegiatan program kerja ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Banyak orang tua yang mengantarkan anaknya untuk mengunjungi program kerja kami yang berlangsung di pendopo dusun Ngunut Tengah. Lebih dari itu, anak-anak yang ikut berpartisipasi pun terlihat antusias membuat celengan dari kardus bekas ini.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar