Penyuluhan Penanaman Benih Indigofera (Caroline Sinthya Prasetya)

29 Januari 2019 21:24:19 WIB

Minggu, 20 Januari 2019 bertempat di Joglo milik keluarga Bapak Rika Aji (Dukuh Ngunut Lor) telah dilaksanakan penanaman benih Indigofera. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang mengalami masalah untuk pakan ternak mereka. Masih banyak peternak yang harus mencari rumput untuk pakan ternak mereka hingga jarak yang lumayan jauh dari tempat tinggal mereka. Dengan adanya tanaman ini, diharapkan dapat dibudidayakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Penyuluhan ini merupakan salah satu dari rangkaian program individu dari masing-masing kelompok KKN Angkatan LVII Universitas Sanata Dhrama.

Program penyuluhan ini dihadiri oleh kelompok Wanita Tani (KWT) perdukuhan Ngunut Lor, kecamatan Playen, kabupaten Gunung Kidul yang berjumlah 26 orang. Penyuluhan ini dilaksanakan dengan mendatangkan narasumber dari Community Development Yayasan Suara Bhakti Yogyakarta. Community Development adalah organisasi nirlaba, independen dan non-sektarian di bawah Yayasan Suara Bhakti (CD-YSB). Organisasi ini didirikan karena kepedulian pada masyarakat yang termarjinalkan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Orang-orang ini tidak mendapatkan kasih, keadilan dan kesetaraan. CD-YSB, sebagai unit kerja dari Yayasan Suara Bhakti, khusus melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial. Koordinator kegiatan ini adalah Caroline Sinthya Prasetya sebagai penanggungjawab program.

Acara dimulai dengan perkenalan kemudian sosialisasi apa itu indigofera, manfaat indigofera, metode penanaman, cara-cara menanam dan membuat pupuk untuk tanamaan indigofera atau masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah Tom. Setelah sesi tanya jawab, karena waktu yang tidak memungkinkan untuk praktik menanam kegiatan dialihkan dengan pembagian benih dan polibag. Walaupun pada hari yang sama kegiatan begitu padat, antusias warga sangat tinggi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Dokumen Lampiran : Penyuluhan Penanaman Benih Indogofera (Caroline Sinthya Prasetya)


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar