Bimbingan Klasikal Anak (Paula Eriska Bidara Kailas)

23 Januari 2019 22:03:23 WIB

Topik bimbingan yang diberikan pada pertemuan kedua ini adalah bimbingan karier dan sosial. Bimbingan klasikal diadakan pada hari Rabu, 16 Januari 2019 di joglo rumah Pak Rika Aji Hartanto (Dukuh Ngunut Lor). Peserta dari bimbingan adalah anak usia 10-12 tahun di Dusun Ngunut Lor yang berjumlah 27 anak. Sejak dini anak harus diperkenalkan dengan beragam profesi yang ada untuk menambah referensi cita-cita anak. Pengetahuan tentang karier ini membantu anak dalam mengenal macam-macam profesi yang ada dan menjadi bakal cita-citanya.

Bimbingan karier yang diberikan menggunakan metode experiental learning dengan pendekatan sosio-drama. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian satu-persatu memperagakan profesi atau cita-cita yang dipilih tanpa bersuara, tugas kelompok yang lain adalah menebak profesi apa yang sedang diperagakan oleh kelompok penampil. Lewat dinamika kelompok ini anak-anak dapat membayangkan dan memperagakan profesi impian mereka dan menganalisa profesi apa yang sedang mereka lihat.

Pada kesempatan kali ini selain bimbingan karier juga diberikan bimbingan sosial. Anak-anak diajak berdinamika bersama untuk meningkatkan kerja samanya dengan teman sebaya. Pada bimbingan klasikal ini tetap diberlakukan sistem token ekonomi untuk meningkatkan antusias serta disiplin pada anak. Anak-anak aktif dan antusias dalam mengikuti dinamika dan mengumpulkan token. Pertemuan terakhir sesi bimbingan klasikal akan diadakan pada hari Rabu, 23 Januari 2019 pukul 16.00 di joglo rumah Pak Rika Aji Hartanto (Dukuh Ngunut Lor).

Dokumen Lampiran : Bimbingan Klasikal Anak (Paula Eriska Bidara Kailas)


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar