Semangat Outbound Anak di Dusun Kernen (Jesica)

13 Januari 2019 18:31:20 WIB

Pada 12 Januari 2019, telah dilaksanakan kegiatan Outbound Anak di Dusun Kernen, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Outbound Anak ialah suatu kegiatan di mana anak-anak kelas 1-6 SD dikumpulkan dan diajak untuk bermain bersama. Kegiatan Outbound Anak ini dilaksanakan pukul 8 pagi berlokasikan di Lapangan Bola Desa Ngunut atau yang terletak di seberang Balai Desa Ngunut. Hijaunya rumput-rumput di lapangan serta cerahnya matahari membuat anak-anak semakin bersemangat untuk melaksanakan kegiatan outbound tersebut. 32 anak SD hadir di kegiatan outbound ini dengan sangat antusias. Ketidaksabaran untuk segera memulai kegiatan ini terpancar nyata dari raut wajah mereka. Outbound Anak ini dipandu langsung oleh para Mahasiswa dari kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan LVII Universitas Sanata Dharma.

Sebagai wujud dari salah satu program KKN kelompok 2, Outbound Anak ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keakraban para anak, melatih kerja sama dalam tim serta mengasah kreativitas anak dalam memecahkan permasalahan. Outbound Anak terdiri dari tujuh permainan, yaitu: Makan Pisang, Tiup Pingpong, Susun Puzzle, Dizzy Run, Walk in Pair, Jam Pasir, dan yang terakhir ialah Srangan Fajar. Permainan yang merupakan puncak dari Outbound Anak ialah Serangan Fajar. Serangan Fajar ialah permainan di mana anak-anak yang telah dibagi menjadi lima kelompok diberikan sebuah lilin untuk masing-masing kelompoknya. Tugas anak-anak ini ialah saling menyerang kelompok satu sama lain dengan cara menyiram air yang telah disediakan ke kelompok lainnya untuk memadamkan lilin dari kelompok musuh. Di saat yang bersamaan, masing-masing kelompok harus menjaga lilin yang mereka punya agar tidak padam tersiram air ataupun tertiup angin. Permainan Serangan Fajar ini berjalan dan berakhir dengan sangat heboh. Anak-anak sungguh dapat menikmati setiap permainan yang terdapat dalam Outbound Anak.

Kegiatan Outbound Anak berakhir pada pukul 10 pagi. Tidak ada kelompok yang dinyatakan kalah dalam permainan-permainan tersebut. Karena semangat dan kelincahan anak-anak dalam bermain, maka semua kelompok dinyatakan sebagai pemenang. Sungguh merupakan suatu kepuasan tersendiri melihat anak-anak dapat bekerja sama dengan baik dan benar dengan senyum dan tawa menghiasi wajah mereka. Semoga untuk kedepannya, anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang selalu akrab dan rukun dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada. (Kelompok 2 KKN)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar