Mendongeng Bersama Murid TK (Brigitta Winasis)

10 Januari 2019 23:19:04 WIB

Sejak Kamis (3/1) Desa Ngunut, Playen, Gunungkidul kembali ditempati mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Sanata Dharma (USD). Lima kelompok yang terbagi dalam tiga dusun di Ngunut merancang berbagai program kerja berdasarkan observasi yang diadakan beberapa waktu sebelumnya. Salah satunya adalah Mendongeng yang disasarkan pada anak usia TK. Program ini secara khusus dirancang oleh Kelompok 3 yang bertempat di dusun Ngunut Tengah.

Pada Kamis (10/1) sore Balai Dusun Ngunut Tengah mulai didatangi sekelompok anak dari TK PGRI Ngunut Tengah. Mereka datang atas undangan yang disampaikan beberapa hari sebelumnya. Kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Melatih Sensori Motorik dan Mendongeng. Acara dimulai dengan senam dan mewarnai sebagai salah satu sarana melatih motorik kasar dan motorik halus anak. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mendongeng.

Brigitta dari Kelompok 3 KKN USD, sebagai salah satu pelaksana program kerja tersebut, secara khusus mempersiapkan agenda mendongeng. Sarana cerita dipilih untuk mengajarkan nilai-nilai baik kepada anak dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Kali ini, dongeng yang dikisahkan berjudul “Pohon yang Sombong”. Cerita ini mengajarkan anak-anak agar selalu bersikap ramah dan memiliki teman sebanyak-banyaknya.

Dengan antusias, anak-anak turut berinteraksi di setiap bagian cerita. Mereka menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Seusai acara pada pukul lima sore, kedua belas anak peserta kegiatan dijemput orang tua maisng-masing. Orang tua serta wali murid pun turut senang, bahkan mengusulkan agar kegiatan serupa diadakan lagi. Kegiatan bermain dan belajar seperti ini dapat menjadi selingan di antara keseharian anak-anak.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar