PEMBINAAN PELAKSANAAN KEGIATAN PKTD BAGI DESA SEKECAMATAN PLAYEN

Djunian 27 Maret 2018 10:37:36 WIB

SID - Ngunut, Selesa 27 Maret 2018 telah diadakan pembinaan bagi Desa SeKecamatan Playen tentang pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Acara hari ini dihadiri oleh Kasi. Tapem Kecamatan Playen bapak Riyanto, Kasi. PMD kecamatan Playen bapak Sunardi, dan TA Dana Desa bapak Suryanto dan bapak Pandu.

Dalam pembinaan ini dijelaskan oleh TA Dana Desa bahwa padat karya tunai merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting.

Sasaran dari PKTD adalah Pengangguran, Setengah Penganggur, Penduduk Miskin dan Stunting (penduduk yang memiliki balita bermasalah gizi).

Dampak dari PKTD ini adalah terciptanya lapangan pekerjaan bagi Pengangguran dan warga Desa Miskin, rasa kebersamaan, kegotong royongan dan swadaya masyarakat. dengan adanya Pelaksanaan Kegiatan Padat Karya TUnai Desa sangat membantu dalam hal pemberdayaan Masyarakat dan juga mengurangi pengangguran yang ada di Desa. 

Arahan teknis pelaksanaan padat karya tunai di Desa yang bersumber dari APBDesa, Pemenuhan 30% HOK (Hari Orang Kerja) dari keseluruhan alokasi kegiatan pembangunan Desa bersifat wajib dan harus dilaksankan oleh seluruh Desa penerima Dana Desa.

Dengan Demikian program kegiatan padat karya tunai desa ini sangat bermanfaat bagi Pembangunan Desa.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar